Inilah Perbedaan Smartphone IOS dan Android

Inilah Perbedaan Smartphone IOS dan AndroidPerbedaan Ios dan Android – Saat ini, Smarthone telah menyebar luas ke seluruh komunitas. Hampir setiap orang pasti memiliki objek yang sangat berguna ini. Bentuknya yang sederhana dan ringan memudahkan benda-benda ini untuk dibawa ke mana pun sobat pergi, dan mudah untuk ditempatkan di mana saja. Pada saat ini sobat tentu merasa bahwa semuanya dapat dicapai dengan menggunakan smartphone, itulah sebabnya banyak orang memiliki satu hal ini.

Saat ini pula, sistem operasi yang dikenal masyarakat luas di smartphone-smartphone nya dibagi menjadi dua jenis, dan keduanya sama-sama populer dan sangat luas di semua kalangan masyarakat, baik muda maupun tua. Keduanya juga sangat berpengaruh pada perkembangan dunia ponsel, yaitu iOS dan Android. iOS adalah sistem operasi berbasis seluler atau seluler yang dikembangkan dan diedarkan oleh Apple. OS yang dikembangkan hanya ditemukan di iPhone yang diproduksi atau dibuat oleh perusahaan Apple.

Sedangkan Android adalah sistem operasi berbasis mobile yang mirip dengan iOS, tetapi OS ini berbasis linux untuk ponsel dengan layar sentuh. Sebenarnya IOS dan Android sama dengan smartphone pintar yang tentunya mengandung banyak aplikasi dan game untuk dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Karena smartphone berguna untuk memfasilitasi kegiatan kita sehari-hari.

6 Perbedaan Smartphone IOS Dan Android

perbedaan ios dan android
Ya meskipun saat ini keduanya merupakan subjek diskusi publik yang luas, bahwa setiap OS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, untuk sobat sekalian, sebelum membeli dan memiliki smartphone, sobat harus tahu apa manfaatnya, jangan hanya bergabung dengan teman atau orang lain atau ingin terlihat keren dan memiliki smartphone yang bagus dengan harga tinggi tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan sobat .

Mari kita lihat apa perbedaan IOS dan Android beserta fakta menarik antara smartphone iOS dan Android :

 

  • Perbedaan Sumber (source).

Perbedaan IOS dan Android yang pertana adalah OS-nya, untuk OS Android, ini adalah open source, yang berarti bahwa pengguna dapat membuat perubahan sesuai dengan keinginan dan selera mereka yang biasa disebut sebagai AOSP. Ini berarti bahwa sumber yang disediakan oleh Google digunakan dalam membuat ROM Kustom. Sebagai contoh:

  1. ROM MIUI
  2. OMNIROM
  3. CYANOGENMOD, dll.

Dan sementara untuk iOS OS itu adalah sumber tertutup, yang berarti pengguna tidak dapat mengubah perangkat sesuai keinginan mereka. Semua aplikasi yang merupakan kebutuhan pengguna hanya tersedia jika disediakan atau ada persetujuan dari Apple. Sebenarnya, open source Android bisa menjadi keuntungan, tetapi juga bisa menjadi kelemahan, karena keterbukaan pengembang ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh “tangan jahil” yang menyebabkan kesalahan pada OS Android yang kita gunakan. Sementara iOS memang merasa lebih aman karena sifatnya yang tertutup membuat Apple lebih bisa menjamin kekokohan perangkatnya.

  • Harga

Kebanyakan orang tahu bahwa iOS yang diproduksi oleh perusahaan Apple sangat berbeda dari Android yang diproduksi oleh Google yang kini telah menyebar ke banyak pabrik. Dari sudut harga, iPhone tentu memiliki harga yang luar biasa tinggi jika kita bandingkan dengan Android, yaitu sekitar 6 jutaan lebih sementara Android dapat dijangkau oleh publik, sekitar 1 sampai 2 juta ke atas Sobat sudah dapat memiliki android. Ini disebabkan oleh fakta bahwa produk Apple yang hanya mengeluarkan satu atau dua model / tipe saja setiap tahun, sangat berbeda dari Android yang memancarkan berbagai model dan jenis tergantung pada pabrik yang memproduksi. Harga iPhone umumnya masih ditentukan oleh perusahaan Apple, sedangkan Android tergantung pada pabrik masing-masing.

  • Fashionable/Tampilan
Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Penambah RAM Semua Type Android

Sebenarnya, dari segi penampilan, keduanya tidak jauh berbeda karena keduanya bagus dan menarik, hanya karena faktor harga kualitas iPhone cenderung lebih mengesankan daripada Android, karena Apple memiliki Quality Checker di pabriknya. , mulai dari bahan yang digunakan, aplikasi yang diinstal, hingga perangkat tambahan dijual di iPhone Store. Seperti halnya Android, diproduksi atau dibuat secara massal dan dilakukan oleh banyak pabrik di dunia sehingga Android terlihat lebih murah.

  • Kualitas

Perbedaan IOS dan Android juga bisa kita lihat dari segi kualitas, tentu kualitas iPhone tidak bisa diragukan lagi, ulet dan dapat diandalkan. Ponsel cerdas iPhone ini hanya diproduksi oleh Apple yang tidak diproduksi oleh pabrik mana pun, sehingga produk yang ditawarkan hanya merek iPhone. Aplikasi pada iPhone sangat terbatas yang ditinjau oleh Apple sehingga lebih berkualitas. Sangat berbeda dengan Android, tentu saja, yang memudahkan pengguna mengunduh aplikasi yang mereka inginkan di Play Store, di mana Sobat bisa mengunduh aplikasi yang tidak bagus dan bukan yang Sobat inginkan.

  • Aplikasi

iPhone hanya memiliki satu vendor, jadi jika ada pembaruan terbaru dari iOS, semua pengguna iPhone dapat menikmatinya, kecuali spesifikasi perangkat keras tidak mendukung pembaruan.
Sementara untuk pengguna smartphone Android, itu terdiri dari banyak vendor seperti Nexus, Android One, HTC, Samsung, dan banyak lagi.

Jadi, misalnya, ketika ada pembaruan terbaru dari Samsung, pengguna ponsel pintar merek lain tidak dapat ikut menikmatinya. Pembaruan terbaru hanya tergantung pada vendor ponsel cerdas yang kami gunakan.
Bahkan, perangkat lunak memengaruhi lebih dari 60% kinerja ponsel cerdas. Itulah mengapa kamera iPhone yang hanya beberapa Mega Pixel tetapi dapat memberikan hasil yang lebih mengesankan, dan meskipun RAM hanya 1 GB, ia mampu melakukan serta smartphone android dengan 3 GB RAM.

  • Update versi OS

Apple memudahkan konsumen untuk mengakses pembaruan data versi iOS terbaru, yang hanya memperlihatkan pemberitahuan tentang versi baru iOS. Tidak seperti Android, karena cukup memakan waktu untuk menemukan versi terbaru di situs publik dan situs Android resmi.

 

Akhir Kata

Nah, sudah paham kan sob ? mungkin singkat nya itu saja yang menjadi patokan perbedaan ios dan android, jika ada kekurangan atau pendapat sobat yang lain boleh tulis di komentar untuk bahan diskusi ya. sebetulnya kedua nya ini memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

tergantung kita ya sob mau pilih yang mana, terimakasih sudah berkunjung.

Nilai Konten