Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Timbulnya hawa panas pada sebuah perangkat elektronik HP maupun smartphone merupakan sesuatu hal yang wajar dikarenakan proses dari penyaluran energi listrik pada setiap komponen yang berubah menjadi kalor. Namun panas yang terjadi berlebihan juga bisa saja menunjukkan sesuatu hal yang tidak beres, alangkah baiknya untuk kita mencari penyebab HP cepat panas tersebut.

HP yang cepat panas juga, bukan hanya nya membuat baterai cepat habis dan HP jadi lemot kadang membuat perasaan kita juga menjadi tidak nyaman karena rasa panas yang ditimbulkannya, apalagi jika panas tersebut bisa merusak handphone kita.

Oleh karna itu kali ini Papa Mia akan membagikan beberapa kemungkinan penyebab HP cepat panas beserta cara mengatasinya. Jika sobat penasaran simak artikel berikut ini.

 

Penyebab Handphone Cepat Panas

Sebelum Papa memberikan saran tentang mengenai penyebab HP cepat panas, pertama-tama papa di sini ingin mencoba memberikan sedikit trik untuk mengenali penyebab HP tersebut bisa cepat panas berdasarkan lokasi panas pada HP sobat.

  • Jika HP panasnya berada di bagian belakang, sobat bisa mencurigai baterai HP tersebut sebagai salah satu penyebabnya. Apalagi jika panas yang muncul terasa di seluruh bagian belakang ponsel sobat. Jika sobat cukup yakin bahwa baterai yang bermasalah, solusi yang bisa sobat lakukan adalah cukup mengganti baterai HP dengan yang baru.
  • Namun jika HP sobat cepat panas di bagian bawah, maka bisa jadi panas yang muncul berhubungan dengan pengisi daya atau charger yang sobat miliki . Solusinya, sama seperti yang telah di jelaskan di atas, hanya harus mengganti charger dengan yang baru.
  • Sementara jika sobat mengalami kesulitan dalam melokalisir atau mendeteksi letak panas dari ponsel sobat, ada kemungkinan bahwa bagian dalam ponsel sobat adalah penyebab panas berlebih itu terjadi. Masalah ini biasanya akan sangat terasa ketika sobat sedang menelepon seseorang ponsel jadi terasa jauh lebih panas di telinga sobat daripada biasanya, atau ketika memegang ponsel sobat. Untuk mengatasi hal ini alangkah baiknya sobat cek langsung ke tempat service HP dikarenakan takutnya ada komponen yang rusak atau bahkan tersiram air sehingga membuat kerusakan pada komponen.

 

Cara Mencegah Agar Tidak Cepat Panas

1. Instal Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Penggunaan banyak aplikasi ini dapat membuat HP memanas dengan cepat. Meskipun saat ini banyak ponsel yang didukung oleh komponen perangkat keras pendukung multitasking, seperti RAM tinggi, kelalaian ini masih akan berakibat fatal pada ponsel. Jika ini terus berlanjut, tentu saja potensi ponsel yang terlalu panas akan sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak dapat menimbulkan HP sering hang.

2. Gunakan Baterai Asli

Saat ini, penggunaan baterai tanam memang telah menjadi tren produksi ponsel. Tetapi ketika baterai sudah mulai turun kinerjanya, kita bisa menggantinya sendiri dengan yang baru. Ketika baterai ponsel rusak, sobat harus menggantinya dengan baterai asli yang memiliki kualitas lebih baik dan memiliki daya tahan terjamin, walaupun pun begitu memang harganya cukup mahal. Namun, baterai berkualitas rendah seringkali tidak tahan lama, dan sering panas dan cepat rusak.

Baca Juga  Cara Mempercepat Koneksi Internet PC dan Laptop

3. Charge Ponsel Secukupnya

Jika baterai ponsel Anda sudah terisi penuh, Anda harus segera menghentikan proses pengisian tersebut. Kebiasaan membiarkan baterai terhubung ke pengisi daya terus-menerus ternyata tidak baik. Ini juga dapat menyebabkan baterai HP memanas atau terlalu cepat panas bahkan bisa membuat Baterai sampai kembung.

Selain itu, jangan gunakan ponsel yang sedang diisi daya terlalu sering. Hal ini dapat menyebabkan panas berlebih karena pemrosesan aplikasi dan perangkat keras ditambah suhu yang dihasilkan saat mengisi baterai itu sendiri.

4. Lepas Cover Pelindung

Penyebab handphone panas juga salah satunya ialah menutupi telepon dengan penutup pelindung yang terlalu tebal. Penggunaan penutup yang tebal memang cukup baik untuk melindungi HP dari goresan dan benturan. Namun, penutup yang tebal dapat menutup udara sehingga HP menjadi lebih cepat panas.

5. Biarkan Lubang Pengisi Daya terbuka

Beberapa ponsel sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Papa merekomendasikan agar port charger tersebut tidak ditutup. Ini dilakukan agar ponsel tidak mengalami panas yang berlebihan atau kepanasan karena kurangnya udara yang masuk keluar dari posel.

6. Simpan Telepon Di Tempat Yang Memiliki Ventilasi Udara Yang Baik

Simpan ponsel sobat di tempat yang memiliki ventilasi udara baik atau berada dalam suhu kamar ber-AC tentunya akan lebih bagus. Ini cukup berpengaruh pada kualitas ponsel itu sendiri. Usahakan juga untuk tidak meletakkan ponsel di bawah bantal karena itu juga akan berdampak pada peningkatan panas, bahkan terpapar pada risiko rusak dengan dihancurkan oleh diri kita sendiri saat sedang tidur.

7. Jangan Terlalu Sering Menonton YouTube

Menonton YouTube saat menghadapi kemacetan memang menyenangkan. Namun perlu diingat, streaming YouTube yang terlalu lama juga merupakan penyebab HP cepat panas. Ini karena proses streaming video membutuhkan data yang besar dan penggunaan RAM yang tinggi pula, tentunya akan membuat ponsel semakin terbebani.

Coba baca Cara menghilangkan iklan di HP Android tanpa Root mungkin bisa menjadi solusi juga agar Hp tidak cepat panas karna banyaknya iklan yang menggangu

 

8. Matikan Ponsel

Ini adalah senjata pamungkas untuk ponsel yang kepanasan. Mematikan ponsel dengan jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi ketika ponsel sedang aktif. Tentunya hal ini akan dengan cepat mengurangi suhu ponsel sobat. Apalagi mematikan ponsel dapat ‘mengembalikan’ kecepatan proses aplikasi seperti sebelumnya.

 

Akhir Kata

Nah itulah tadi sedikit trik Bagaimana cara mengatasi dan penyebab HP cepat panas versinya Papa Mia. Sebenarnya sobat juga bisa menggunakan aplikasi pendingin seperti aplikasi penghemat baterai untuk mendinginkan HP kalian yang terlalu panas, tentunya hal ini akan sedikit membantu dalam menurunkan suhu pada ponsel kalian.

Dan jangan lupa jika kalian suka artikel seperti ini jangan lupa kasih bintang 5 di bawah dan share ke teman-teman kalian yang memberikan info menarik seperti ini. Selamat mencoba

Nilai Konten