Alasan Komputer Tidak Mau Booting dan Cara Mengatasinya

Alasan Komputer Tidak Mau Booting dan Cara Mengatasinya

Komputer Tidak Mau Booting – Proses booting pada komputer merupakan langkah yang akan ditempuh oleh setiap komputer dalam memulai sistem operasi yang terinstal, sebelum komputer bisa masuk pada sistem operasi komputer biasanya akan melakukan proses booting terlebih dahulu guna memastikan tidak ada masalah yang terjadi.

Namun ada beberapa kasus di mana komputer tidak bisa booting dan hanya menampilkan pesan error saja atau komputer booting namun kemudian muncul blue screen dan juga komputer booting namun reset lagi dan reset lagi.

Jika ada ciri-ciri yang papamia sebut di atas, mungkin artikel alasan komputer tidak mau booting ini dapat membantu sobatmia dalam mencari masalah apa yang terjadi pada komputer sobat.

Alasan komputer tidak mau booting

Komputer tidak bisa booting dan mati total

Jika komputer sobat terlihat mati total dan tidak mau booting sama sekali coba sobatmia cek terlebih dahulu arus listrik yang tersambung pada power supply komputernya dan juga periksa kondisi power supply tersebut apa masih berfungsi atau tidak jika telah dicek dan semuanya terlihat baik-baik saja coba cek juga kabel-kabel yang terpasang di komputer mulai dari kabel yang masuk ke UPS atau stabilizer, kabel power ke monitor, kabel monitor ke CPU, dan kabel yang masuk ke Komputer.

Pastikan semuanya terpasang kuat dan kencang serta apakah harus listrik yang diperlukan telah cukup dan memadai.

 

Komputer tidak bisa booting karena ada masalah pada BIOS

Bios memang seringkali menjadi faktor utama Mengapa komputer tidak bisa melakukan booting. Hal ini bukan karena semerta-merta, berdasarkan pengalaman kerusakan komputer yang sering ngeblank atau mati total dan tidak mau booting seringkali dapat disembuhkan dengan cara mereset bios komputer itu sendiri.

Namun hal ini bisa kita amati jika kipas processor atau VGA komputer berputar tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada sesuatu yang tidak beres pada bios motherboard itu sendiri atau model batik memang sudah rusak.

 

Komputer tidak mau booting karena hardisk tidak terdeteksi

Biasanya masalah ini akan ditandai dengan munculnya sebuah pesan Disk Boot failure. Untuk mengatasinya sendiri sobatmia bisa melakukan hal seperti di bawah ini.

  • Pastikan kabel IDE atau SATA pada Hardisk sudah terpasang dengan benar
    jika ada 2 buah hardisk IDE yang terpasang pada 1 kabel, periksa kembali posisi jumper untuk setingan Master dan Slavenya usahakan jangan sampai tertukar.
  • Cek kembali apakah hardisk sudah terdeteksi oleh bios apa belum jika bios tidak bisa mendeteksi hardisk tersebut kemungkinan masalahnya ada pada hardisk nya.
  • Pastikan Apakah hardisk hidup atau tidak dengan cara menyentuhnya jika terasa getaran Berarti di situ hidup dan beroperasi.
Baca Juga  3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

Untuk Lebih Jelasnya bacajuga artikel Cara Memperbaiki Hardisk Gampang Dan Cepat

Komputer tidak mau booting karena masalah RAM dan VGA card

Biasanya jika komputer mengalami masalah ini akan ditandai dengan munculnya bunyi beep yang terus berulang-ulang beserta Tampilan monitor yang tidak mau keluar dan hanya blank hitam saja, solusinya.

  • Coba Lepas dulu memori atau VGA card dan coba bersihkan pin-pinnya dan pasang kembali dengan benar.
    Jika masih tidak berjalan coba pasang memori RAM di slot yang lain.
  • Jika sobat memakai memori RAM lebih dari satu coba copot terlebih dahulu memori yang lain dan lakukan tes dengan hanya 1 keping RAM saja.
  • Bunyi beep masih terdengar, coba sobat ganti dulu memory RAM atau VGA card sobat dan lakukan tes ulang.
  • Jika masalahnya CPU bisa bekerja, hardisk berputar, dan lampu LED yang ada pada motherboard berkedip-kedip, namun monitor masih menampilkan layar blank hitam. Kemungkinan kerusakan ada pada VGA Card komputer sobat coba ganti terlebih dahulu VGA card yang lain atau Cek VGA tersebut di komputer lain.

 

Komputer tidak bisa booting karena hardisk atau sistem Windows corupt.

Yang satu ini adalah hal yang paling sering terjadi, para pengguna PC pasti pernah mengalaminya. Biasanya jika ini terjadi akan muncul sebuah pesan yang menunjukkan adanya file yang rusak atau hilang, untuk mengatasinya sendiri seperti ini.

  • Coba terlebih dahulu cek kondisi memori RAM yang terpasang biasanya memori RAM yang terpasang lebih dari 1 dan tidak kompatibel windows akan otomatis memunculkan error system. Coba lepaskan dulu memori RAM yang tidak sejenis.
  • Yang kedua coba Repair hardisk sobat terlebih dahulu jika tidak mengerti Bagaimana caranya sobat bisa baca artikel mengenai cara memperbaiki hardisk.
  • Ketiga sobat bisa mencoba Repair Windows dengan masuk ke menu Repair jika masih tidak bisa bekerja sobat bisa instal ulang sistem operasi sobat sekalian.

 

Nah mungkin hanya itu beberapa tips dari Papamia untuk mengatasi komputer tidak mau booting. Sebenarnya masih ada cara bagaimana meng diagnosa komputer dan memperbaiki masalah Tidak bisa booting ini, yaitu dengan menggunakan CD UBCD for Windows atau Hiren’s Boot CD.

Jika Sobat suka artikel seperti ini jangan lupa kasih bintang 5 di bawah dan share ke temen-temen sobat sekalian mengenai info menarik ini. Selamat mencoba.

Nilai Konten