Cara Unroot Hp Android Paling Gampang dan Mudah

Cara Unroot Hp Android Paling Gampang dan Mudah

Setiap orang yang melakukan Root di Hp Androidnya mungkin memiliki alasan tersendiri untuk melakukannya, apa lagi untuk mereka yang suka penasaran dan keinginan tahu yang dalam mengarahkan mereka pada hal ini. Namun kadang tidak semunya itu sesuai dengan yang kita mau, yang malah mengakibatkan banyak kerugian pada kita.  unroot Android ke kondisi semula merupakan keputusan yang tepat. Pertanyaannya, bagai maa cara unroot hp ke kondisi semula?.

 

Memang benar bahwa perangkat Android yang telah di-root akan memberikan banyak keleluasaan kepada penggunanya untuk melakukan tweak. Juga dengan melakukan root ini, kamu bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh Android yang belum di-root seperti contohnya menambah RAM dengan Greenify, bisa juga Menghapus aplikasi bawaan (bloatware), melakukan kalibrasi baterai Android dan masih banyak lagi.

Terkait: Silahkan baca artikel Cara root hp android jika kalian ingin me root Hp kalian, bisa juga dengan Root tanpa PC di sini.

 

Cara Unroot Android

Harus kalian ketahu bahwa melakukan root pada Android kalian itu akan mendatangkan banyak kerugian seperti mislanya menyebabkan garansi smartphone tersebut hilang, keamanan menjadi kurang terjamin, aplikasi jadi sering error dan masih banyak lainnya. Namun kamu tidak usah khawatir, jika Android kamu sudah di-root dan kamu ingin mengembalikannya seperti semula, kamu bisa gunakan cara yang papahmia bagikan ini bagaimana melakukan Unroot Android.

 

Cara Unroot Android Dengan SuperSU

Ini merupakan cara unroot hp yang paling umum dan gampang yang bisa kalian gunakan, juga tiak sulit. Kalian hanya tinggal meng unduh nya saja di Play Store dan lakukan langkah-langkah berikut:

  •  Unduh terlebih dahulu aplikasinya SuperSU yang di buat oleh Chainfire. Kalau sudah ketemu, tinggal install di perangkat Anda.
    Cara Unroot Android Dengan SuperSU
  • Setelah meng-install, tinggal jalankan saja aplikasi tersebut dan pilih menu Settings. Kemudian geser ke bawah dan cari menu Full unroot setelah itu tap.

  • Setelah itu kalian akan di mintai untuk meng konfirmasi seperti yang ada di gambar, pilih saja Continue untuk melanjutkan proses unroot Android tersebut. Kemudian tunggu beberapa saat sampai ada sebuha notifikasi pemberitahuan. Jika sudah muncul tinggal restart smartphone atau tablet Android yang kalian unroot tersebut. Untuk memastikan proses unroot ini berhasil, kalian bisa mengeceknya dengan bantuan aplikasi yang bisa kalian unduh di Play Store. Ada banyak alternatif yang bisa kalian coba.

 

Cara Unroot Android Dengan Framaroot

Baca Juga  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Framaroot ini juga merupakan aplikasi yang bisa di gunakan untuk nge Root Android kamu tanpa harus terhubung ke komputer atau PC.  Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk melakukan unrooot juga loh.

  • Untuk mengunduh aplikasi ini kalian bisa datangin langsung website resminya di Framaroot, dan meng Install file .Apk secara manual. Lalu setelah itu kalian bisa jalankan aplikasi ini apabila sudah terpasang.
  • Setelah aplikasi Framaroot di jalankan kalian bisa tampilannya seperti di gambar. Pilih menu dropdown dan pilih opsi Unroot.
    Cara Unroot Android Dengan Framaroot
  • Kemudian pilih salah satu dari dua pilihan yang ada, Boromir atau Barahir. Jika gagal di salah satunya, coba yang kedua. Setelah berhasil coba restart smartphone kalian dan periksa status root-nya  menggunakan aplikasi.

 

Cara Unroot Dengan Kingo Root

Cara unroot hp yang satu kali ini sedikit berbeda, karna mengunakan PC atau Komputer. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan namanya King Root, aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan Root terhadap device android saja, melainkan ini juga bisa dipakai untuk melakukan Unroot.

  • Pertama-tama unduh aplikasi Kingo Root nya terlebih dahulu, setelah itu install ke dalam komputer kalian.
  • Jangan lupa untuk Aktifkan terlebih dahulu mode Debugging USB di ponsel kalian, dengan cara (Pengaturan> Developer Option> USB Debugging Mode)
  • Lalu sambungkan ponsel kalian tadi yang ingin di unroot ke komputer melalu Kabel USB (disarankan kabel asli).
  • Setelah itu jalankan aplikasi Kingo Root yang tadi telah di istal di komputer dan tunggu hingga aplikasi Kingoroot mendeteksi device ponsel android.
  • Setelah terdeteksi, akan muncul sebuah notifikasi pemberitahuan perangkat kalian dalam kondisi root. Nah di sana kalian akan melihat juga pilihan “Remove Root” lalu pilih opsi itu dan klik.
  • Tunggu sekitar 2-5 menit hingga proses unroot itu selesai.

 

Akhir Kata

Mungkin hanya itu yang bisa papamia bagikan bagai mana Cara unroot Hp Android. Tiga cara di atas tadi bisa digunakan di semua jenis ponsel atau tablet kalian, namun sebenarnya masih banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk meng unroot Android, kalian bisa cari di google dengan spesifik merek  smartphone kalian Contoh seperti : “cara unroot hp Xiaomi“.

Jika kalian suka artikel kaya gini jangan lupa kasih bintang lima dan share ke temen kalian yah. Trimakasih telah membaca.

Nilai Konten