Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

Memiliki baterai HP yang tahan lama memang sangat lah bagus, apalagi jika memang kebutuhan pemakaian kita sangatlah banyak, tentunya memiliki baterai yang tahan lama merupakan suatu keharusan. Untuk itu cara menghemat baterai HP bisa kita terapkan jika memang baterai kita biasa-biasa saja tapi kita membutuhkan daya baterai tahan lama karena sering dibawa keluar.

Tidak bisa dipungkiri memang di zaman sekarang sudah banyak brand-brand HP yang telah menerapkan teknologi baterai yang berkapasitas sangat besar dan juga memiliki fitur fast charging, seperti contohnya HP merek Samsung Oppo Vivo dan Xiaomi.

Bukan berarti memiliki daya yang besar juga lantas tidak harus untuk menerapkan cara menghemat baterai HP ini, padahal dengan melakukan teknik ini sobat juga bisa menjaga kesehatan baterai HP sobat, dan juga membuat baterai tidak cepat rusak dan baterai kembung, apalagi sampai membuat HP cepat panas gara-gara pemakai baterai yang berlebihan.

Oleh karena itulah alasan mengapa artikel ini dibuat, untuk berbagi Bagaimana cara menghemat baterai HP supaya tetap awet.
Jika sobat merasa membutuhkan trik ini silahkan simak ulasan di bawah ini:

Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

1. Matikan Sinyal Radio

Seringkali, di area tertentu, ponsel dapat kehilangan sinyal. Ini dapat terjadi karena menara pemancar sinyal jauh dari lokasi smartphone atau lalu lintas jaringan sedang penuh. Jika sinyal hilang atau melemah, sistem ponsel cerdas biasanya akan terus mencari koneksi terbaik. Pencarian sinyal terus menerus dapat membuat baterai cepat habis. Karena itu, sobat harus mematikan sinyal radio, jika sobat benar-benar yakin bahwa sobat tidak akan mendapatkan sinyal untuk beberapa waktu. Biasanya, opsi untuk mematikan sinyal radio ada di menu “Pengaturan”. Matikan juga fitur WiFi dan Bluetooth saat tidak digunakan. Kedua perangkat juga dapat membuat baterai HP habis dengan cepat.

 

2. Aktifkan Mode Pesawat

Tidak ingin terlalu ribet untuk mengatur sinyal radio? sobat juga bisa langsung dengan mudah mematikan semua sinyal radio pada smartphone hanya dengan 1 mode, yaitu Mode Pesawat. Dengan mengaktifkan Mode Pesawat, semua sinyal radio, baik GSM, WiFi, dan Bluetooth akan segera otomatis dimatikan.

 

3. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Jumlah aplikasi yang digunakan juga merupakan penyebab pemakaian baterai baterai menjadi boros. Untuk ini lah, merupakan ide yang bagus untuk selalu memperhatikan aplikasi yang berjalan yang ditempatkan di latar belakang.

Jika suatu saat sobat merasa baterai Android sobat cepat habis, coba periksa segera penggunaan baterai sobat dengan cara memasuki menu Pengaturan> Baterai> Penggunaan Baterai.

Lihat aplikasi apa yang paling banyak menggunakan baterai, dan silakan matikan aplikasi tersebut atau batasi penggunaannya dengan bijak. Untuk caranya sendiri sobat bisa baca cara mematikan aplikasi yang berjalan sini.

Terkadang aplikasi yang berjalan sering menguras baterai dan juga kuota karna banyak iklan juga yang berjalan tanpa di sadai. Cara menghilangkan iklan di HP Android tanpa Root mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk sobat yang ingin menghilangkan iklan tersebut.

 

 

4. Hati-hati Dalam Menginstal Aplikasi

Selalu perhatikan dan berhati-hatilah dengan aplikasi yang sobat instal. Selalu baca dengan cermat akses apa yang dibutuhkan oleh aplikasi pada HP sobat.

Beberapa aplikasi akan membuat baterai ponsel sangat cepat habis karena selalu meminta lokasi Android sobat.

Jadi, lebih baik untuk mengurangi menginstal aplikasi yang memerlukan akses ke lokasi sobat.

5. Nonaktifkan Aplikasi Default

Faktanya adalah bahwa banyak vendor sering menanamkan bloatware pada smartphone mereka. Kecuali untuk jajaran HP Android One yang menggunakan sistem operasi murni.

Olehkarna itu cara menghemat baterai HP Android, sobat bisa menonaktifkan bloatware dengan cara masuk ke Pengaturan> Aplikasi> Pilih Aplikasi> Nonaktifkan.

Baca Juga  Aplikasi Download Video Di Instagram Terbaik

Jika ponsel telah di-root, sobat juga dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapusnya: Cara Meng uninstal Aplikasi Default di smartphone

 

6. Mode Hemat Daya

Jika kebetulan smartphone sobat sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, sobat dapat menghemat masa pakai baterai Android dengan memasukkan fitur Mode Hemat Daya.

Dalam mode ini semua fungsi smartphone yang menggunakan baterai sobat akan di batasi, mulai dari kecerahan layar, koneksi seluler, WiFi, hingga lokasi.

Cara memasuki Mode Hemat Daya adalah dengan masuk ke Pengaturan> Baterai> Penghemat Baterai di pengaturan bakwan sobat.

Untuk pengguna HP Samsung, sobat bisa langsung masuk ke menu Mode Hemat Daya Ultra yang akan menyesuaikan tampilan untuk menghemat daya baterai.

 

7. Redupkan Layar

Semakin terang layar, semakin cepat baterai habis. Karena itu, cobalah untuk meng redupkan atau matikan layar saat tidak digunakan.

 

8. Gunakan Aplikasi Seluler Bebas Iklan

Beberapa aplikasi gratis dan ada juga berbayar. Biasanya, aplikasi yang dapat diinstal secara gratis dilengkapi dengan sistem iklan yang sangat banyak untuk menampilkan iklan di beranda aplikasi. Untuk menampilkan iklan ini, ponsel membutuhkan daya ekstra juga, seperti penggunaan data dan baterai tambahan. Untuk itu, gunakan aplikasi yang bebas dari iklan dan aplikasi berbayar untuk menghindari iklan yang dapat mengganggu dan benar-benar menguras baterai ponsel, atau bisa juga sobat menggunakan aplikasi blokir iklan untuk memblokir iklan iklan yang mengganggu.

 

9. Hindari Penggunaan Widgets Dan Live Wallpapers

Menggunakan gambar wallpaper animasi atau live wallpapers memang cukup menarik. Namun, tentunya ini akan meningkatkan penggunaan prosesor, menyebabkan lebih banyak baterai yang terkuras. Demikian pula, ketika menggunakan widget yang memerlukan pembaruan data dari internet, itu akan menguras daya baterai lebih banyak lagi. Maka dari itu, sobat dapat mencoba menggunakan wallpaper statis yang menarik dan meminimalkan penggunaan widget.

 

10. Matikan Notifikasi Yang Tidak Perlu

Sejumlah aplikasi biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengirimkan informasi melalui notifikasi agar mudah dilihat oleh pengguna, jika memang ada hal-hal penting yang perlu diketahui. Misalnya, untuk pembaruan berita atau sekadar memberi tahu Anda ada sebuah pesan masuk. Namun, penggunaan notifikasi terlalu banyak dapat menguras baterai jika tidak dikontrol aplikasi mana yang dapat mengirimkan informasi melalui notifikasi. Untuk itu, matikan beberapa pemberitahuan untuk aplikasi yang menurut sobat tidak diperlukan. Untuk mengakses izin pemberitahuan, sobat dapat mengunjungi menu “Pengaturan” di ponsel masing-masing dan pergi ke menu “Pemberitahuan aplikasi” atau menu yang sekiranya serupa.

 

11. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Meskipun baterai HP sobat memiliki kapasitas besar, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi penghemat baterai yang dilengkapi dengan berbagai fitur khusus. Ini juga bisa menjadi alternatif cara menghemat baterai HP sobat.

 

Akhir Kata

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa sobat lakukan bagaimana Cara menghemat baterai HP Android agar tahan lama. Perlu kalian ketahui penggunaan aplikasi yang tidak sesuai juga dapat menguras baterai secara cepat dan menghabiskan RAM, yang akhirnya bukan hanya membuat HP lemot juga bisa mempercepat habis baterai. Maka dari itu bijaklah dalam memilih aplikasi yang sekiranya penting untuk kalian.

Nama sekiranya itu saja untuk kali ini, jika sobat suka dengan artikel ini jangan lupa kasih bintang 5 di bawah dan share ke teman-teman di luar sana yang mungkin sekiranya memerlukan informasi menarik ini. Terima kasih telah membaca.

Nilai Konten