Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP – Beli hp baru nih? Udah ngerasa cocok sama hp yang di beli pasti seneng banget dong ya kan? Nyatanya kamu seneng cuman sementara.

Pasalnya ada satu masalah yang tanpa di sadari selalu ada pada setiap smartphone merk apapun, pasti deh ngerasa jengkel banget. Tau gak apa masalahnya? yaitu adalah aplikasi bawaan yang membuat bingung pengguna gimana cara menghapus aplikasi bawaah hp.

Jelaslah aplikasi bawaan bikin jengkel dari awal aplikasi bawaan sudah di pasang oleh brand yang membuat smartphone tersebut, tanpa sadar aplikasi bawaan membuat memmory internal jadi penuh secara perlahan, bahkan selalu rutin minta update.

Tapi sebenarnya bukan maksud dari sebuah perusahaan ingin merugikan atau membatasi penggunaan memmory internal produk smartphonenya, tidak lain untuk memudahkan pengguna sehingga pengguna tidak perlu repot-repot untuk mendownloadnya terlebih dahulu aplikasi-aplikasi bawaan.

Sebenarnya banyak cara menghapus aplikasi bawaan hp android yang sudah menjadi konsumsi pribadi para pengguna. Namun untuk mengurangi masalah pada smartphone kakakmia akan menyarankan tiga cara untuk menghapus aplikasi bawaan seperti menghapus langsung di smartphone kamu, menggunakan aplikasi pihak ke ketiga, juga menghapus aplikasi bawaan pada smartphone yang telah di root.

Menghapus Aplikasi Bawaan Secara Langsung

Menghapus Aplikasi Bawaan Secara Langsung

Pernah berfikir jikalau menghapus aplikasi bawaan itu sulitnya minta ampun, bahkan tidak tahu caranya bikin nyerah. Pada dasarnya sistem tidak akan memberikan akses untuk menghapus aplikasi bawaan oleh pengguna.

Namun sebenarnya menghapus aplikasi bawaan itu dapat dilakukan untuk versi smartphone tertentu dari merk hp tertentu juga. Sekarang coba lakukan cara ini agar bisa mengetahui apakah hp kamu suport untuk menghapus aplikasi bawaan.

  1. Nyalakan hp dan masuk ke setting/pengaturan.
  2. Setelah itu pilih menu aplikasi/app/aplications yang ada di dalam menu pengaturan. Pasti langsung terlihat banyak aplikasi yang sudah terpasang di smartphone kamu.
  3. Cari aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, klik aplikasi nya pastikan jika aplikasi bawaan android yang bisa di hapus atau di nonaktifkan hanya memiliki dua pilihan “disable” dan “force stop.
  4. Tahap selanjutnya klik tombol disable untuk menghapus atau meng-uninstal aplikasi itu. Catatan jika aplikasi yang di pilih tidak bisa di hapus coba klik “force Stop” terlebih dahulu karena kemungkinan aplikasi masih berjalan di latar belakang.
  5. Kemudian klik sekali lagi “disable” lalu klik ok.
  6.  Horree aplikasi bawaan sudah berhasil kamu hapus dengan aman.

Perlu di perhatikan setiap aplikasi bawaan yang telah di hapus terkadang akan kembali lagi dan mendownload lagi otomatis ketika smartphone terhubung dengan wifi. Oleh karena itu matikan update otomatis pada Google Play Store.

Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Menghapus aplikasi bawaan di android cara kedua yang bisa di lakukan dengan aman yaitu menggunakan aplikasi ketiga yang terdapat di playstore dan bisa kamu download secara gratis. Salah satunya adalah aplikasi CCleaner yang memang di peruntukan kepada pengguna yang berkeinginan menghapus aplikasi bawaan di smartphone androidnya.

Baca Juga  6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Pada dasarnya CCleaner berbasis pembersih chace pada smartphone dan bisa membersihkan berkas sampah yang membuat kinerja android melambat, perhatikan langkahnya agar kamu bisa menghapus aplikasi bawaan dengan aman.

  1.  Pertama kali pastikan kuota internet kamu masih banyak atau bisa nebeng wifi.
  2. Download aplikasi CCleaner di Playstore. Sesudah di download kamu instal dan buka aplikasinya.
  3. Udah di buka aplikasinya langsung saja ke menu Option yang terdapat di bagian kiri atas aplikasi, lalu pilih App Manager.
  4. Nah di bagian ini kamu bisa melihat beberapa aplikasi di kelompokan menjadi 3 kategori, Installed, System, dan Disable.
    Disable kelompok kategori yang sudah di nonaktifkan, System merupakan aplikasi bawaan hp, Installed merupakan semua aplikasi yang di instal di hp kamu.
  5. Sudah jelas ya kan harus pilih yang mana? pilih yang kategori System karena disitu terdapat aplikasi bawaan.
  6. Ingat ya jangan pilih aplikasi yang berlogo android karena kalau di hapus bisa jadi sistem hp kamu bisa bermasalah.
  7. Tahap terakhir akan ada muncul notifikasi atau menu pop up, yang harus di pilih adalah “Reboot Now” agar aplikasi tersebut terhapus secara permanen.

Menghapus Aplikasi dengan Root

Cara yang terakhir ini bisa dilakukan jika smartphone kamu sudah dalam kondisi root. Root fungsinya adalah memberikan akses penuh kepada pengguna terhadap smartphone seperti mengubah, dan mengedit sistem pada smartphone.

Jika hp android yang kamu gunakan itu belum di root, bisa kamu baca cara root hp android agar bisa melakukan penghapusan aplikasi bawaan yang ada di hp jika sudah di root.

Untuk langkah terakhir ini jika hp sudah di root maka bisa ikuti tahapan-tahapan ini:

  1. Pertama harus download dulu aplikasi yang namanya “System App Remover” di Google Playstore. Aplikasi yang satu ini bisa di download oleh semua pengguna Android termasuk kamu, tapi ketika di instal hanya bisa di instal pada smartphone android yang sudah melakukan root.
  2. Jika sudah menginstal aplikasinya lalu buka aplikasinya, biasanya akan muncul notifikasi pop up SuperSU yang meminta akses root. Tinggal klik saja “Grant” atau “Izinkan”
  3. Setelah itu kamu bisa langsung memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu hapus, yang memang kegunaan aplikasi tersebut tidak terlalu penting menurut kamu.
  4. Setelah di pilih maka klik saja “Uninstall”
  5. Kalau ada pop up muncul klik saja “yes”
  6. Tunggulah sampai prosesnya selesai karena sedang meng-uninstal aplikasi bawaan yang sudah di pilih tadi.
  7. Maka bergembiralah bahwa smartphone android yang ada aplikasi bawaan sudah berhasil menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Bagaimana apakah sangat membantu kamu yang ingin menghapus aplikasi bawaan dengan cara dari kakamia ini? Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android yang di paparkan ini terbilang sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Mudah-mudahan apa yang di berikan oleh kakakmia bisa menjadi manfaat dan di gunakan banyak orang.

Nilai Konten