Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk – Sampai sekarang flashdisk masih digunakan banyak orang untuk produktivitas menyimpan data dan berbagi file, sama halnya seperti komputer dan kebanyakan alat elektronik lainnya, flashdisk juga sangat rentan rusak dan juga sering kali error. Salah satunya seperti file corrupt (Rusak), flashdisk tidak terbaca atau atau hilang.

Kerusakan pada plastik sendiri bisa terjadi karena berbagai kondisi, bisa karena memang sudah umurnya, komponen yang rusak, atau karena disebabkan oleh malware maupun virus yang merusak program dari flash disk itu sendiri.

Oleh karena itu untuk sobat yang ingin mengetahui bagaimana Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, ada beberapa cara yang bisa sobat tempuh, yaitu dengan bantuan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Namun sebelum Papa jelaskan ke sana, penting untuk sobat tahu terlebih dahulu Jenis file hilang yang disebabkan oleh virus, tentunya ini akan sangat membantu dan mempermudah sobat dalam mengembalikan file yang hilang tersebut.

 

Cara Mengetahui File Yang Hilang Karena Virus

  • Untuk mengetahuinya pertama-tama silakan tekan tombol Windows bersama dengan huruf E pada keyboard (Windows + E).
  • Kemudian pilih dan klik di drive mana flashdisk sobat berada, jika setelah mengklik tidak ada file sama sekali, kembali ke drive flashdisk. Kemudian klik kanan lalu pilih properties.
  • Kemudian lihat pada Tab properties, jika “used spaces” telah digunakan, sobat dapat menyimpulkan file di flashdisk hilang disebabkan karena virus, jika memang hilang secara alami seharusnya “used spaces” tidak akan terpakai.

 

Pusing Flashdisk Tidak Bisa Diformat ? Coba baca artikel ini mungkin bisa jadi solusi buat sobat yang lagi kebingungan.

 

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flash Disk

cara mengembalikan file yang hilangMengembalikan File dengan Membuka Hidden Folder

Cara yang pertama ini sebenarnya hanya untuk memastikan saja, Apa benar bahwa file ini benar-benar hilang atau hanya disembunyikan saja (hidden) oleh system. Untuk membuka file hidden yang disembunyikan oleh sistem silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

    • Tekan tombol secara bersamaan Windows dan huruf E pada keyboard (Windows + E).
    • Klik Tab Organiz yang berada di kiri atas lalu pilih Folder and Search Options.
    • Kemudian klik Tab View > Setelah itu pilih Show hidden file, folder, and drive, pada Hidden files and folders.
    • Kemudian klik apply dan tekan ok.
    • Lihatlah isi flashdisk sobat, apakah data / file yang disimpan sudah muncul atau belum.

Jika metode tadi masih belum bisa memunculkan file tersebut, maka sobat bisa mencoba dengan menggunakan command prompt.</strong

Mengembalikan File Dengan Command Prompt

Sebenarnya cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan menggunakan command prompt, juga bisa dibilang cara mengembalikan file tanpa Aplikasi. Karena kita tidak harus menginstal software apapun pada komputer ataupun laptop sobat dan hanya menggunakan aplikasi bawaan dari Windows. Untuk caranya sendiri silakan ikuti langkah berikut:

Baca Juga  Cara Memperbaiki¬†Flashdisk Tidak Terbaca
  • Pertama-tama silahkan Klik tombol Windows dan huruf R (Windows + R), lalu ketik “cmd” pada Kolom pencarian dan Tekan enter.
  • Setelah tab cmd (Command Prompt) terbuka, ketikkan saja “CD”.
  • Kemudian setelah itu ketikkan alamat drive flash disk (tempat disk disimpan) atau huruf Drive. Misalkan dosis obat divisi terbaca huruf H maka cukup ketik “H:” itu akan berubah menjadi H:>.
  • Setelah berubah, sobat bisa memasukkan kode ini ATTRIB (spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)R(spasi)/S(spasi)/D kemudian tekan enter.
  • Dan selamat file / data sobat yang disembunyikan oleh virus akan muncul kembali.

 

Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus Permanen

Jika file yang ingin sobat tari kembali merupakan file yang sudah lama terhapus dan juga bukan disebabkan oleh virus, maka sobat memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengembalikan file yang hilang tersebut. Papah menyarankan sobat bisa menggunakan aplikasi Software Recuva. Untuk cara penggunaannya silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama-tama Download dan install terlebih dahulu aplikasi Recuva, jika sobat belum memilikinya silahkan unduh di Link yang telah disediakan.
  • Masukkan flashdisk Sobat ke komputer / laptop.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi Recuva. maka dihalaman sobat akan disuguhi jenis file apa yang ingin sobat kembalikan. Pilih “All File” jika sobat tidak yakin File mana yang hendak dikembalikan lalu Next.Cara Mengembalikan File yang Hilang
  • Pada opsi File Location pilih In A Spesific Location > Browse > dan pilih drive USB flashdisk sobat berada. Kemudian klik Next.
  • Pada tampilan berikutnya, centang opsi Enable Deep Scan, setelah itu klik Start.
  • Tunggu beberapa menit hingga proses pemindaian flashdisk sobat selesai. Ketika pemindaian selesai, akan ada tampilan seperti ini.
  • Disana akan ada file berwarna hijau, kuning, dan merah. Arti dari warna-warna ini adalah:
    Hijau: File dapat diperbaiki kembali.
    Kuning: File dapat dikembalikan, tetapi ada kemungkinan file telah rusak / corrupt
    Merah: File sudah tidak bisa dikembalikan.
  • Untuk memulihkan file mana yang ingin di kembalikan, centang kotak yang disediakan lalu klik Recover.Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk
  • Lalu pilih tempat di mana sobat ingin penyimpan file tersebut Lalu klik Ok.

Setelah selesai, coba periksa file tersebut terlebih dahulu. Jika file berhasil dibuka, selamat file sobat telah kembali!.

 

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa trik Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yang bisa sobat lakukan dalam upaya mengembalikan file yang hilang, sobat juga bisa membaca disini mengenai Cara mengembalikan file yang terhapus di Android, yang telah Papa buatkan sebelumnya.

Oke Mungkin hanya itu dari papa kali ini. Jika kalian suka artikel seperti ini jangan lupa kasih bintang 5 di bawah dan share ke temen-temen lain mengenai info menarik ini. Selamat mencoba.

Nilai Konten