Cara Mengatasi Komputer Dan Laptop Lemot

Cara Mengatasi Komputer Dan Laptop Lemot

Cara mengatasi komputer lemot – Penggunaan komputer di masa sekarang ini sangatlah masif dan telah digunakan oleh berbagai kalangan, tentunya Hal ini didasari karena semakin pesatnya pergerakan teknologi.

Oleh karena itu kebutuhan-kebutuhan yang tadinya tidak ada sekarang mulai bermunculan dan menjadi salah satu kebutuhan primera oleh sebagian orang. Contohnya seperti performa komputer yang cepat yang bisa menunjang produktivitas.

Nah karena banyaknya orang yang mencari cara mengatasi komputer lemot, papamia kali ini akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi laptop maupun komputer yang lemot, jika kalian perasaan dengan artikel ini simak baik-baik bagaimana cara mempercepat kinerja laptop dan komputer sobat.

Penyebab laptop dan Komputer Lemot

Kebanyakan penyebab komputer dan laptop menjadi lemot itu dikarenakan kurangnya perawatan dan telah terlalu lama dibiarkan, baik segi hardware maupun software. Namun faktor memori lah yang biasanya menjadi inti permasalahan dari lemotnya komputer sobat, bisa dikarenakan banyaknya cache yang belum dihapus yang membuat kapasitas memori menjadi membengkak atau junk file yang sudah terlalu lama dibiarkan yang membuatnya menumpuk.

Sebenarnya masih banyak penyebab yang menyebabkan komputer dan laptop sobat menjadi lemot. Oleh karena itu jika ingin lrbih jelas, silakan sobat baca artikel mengnai penyebab laptop dan komputer sering lemot.

Mengatasi Laptop dan Komputer Lemot

Supal flash disk jadi memory tambahan

Sepeti yang telah Papa jelaskan tadi diatas, kadang memori lah yang menjadi inti permasalahan komputer laptop sobat lemot. Bisa jadi karena software yang sobat gunakan telah terupdate namun PC dan Laptop sobat masih itu-itu aja dan ketinggalan jaman. Tentu ini menjadi beban untuk memory, namun jangan khawatir sobat bisa mengakalinya dengan menggunakan flash disk.

  • Caranya sobat hanya tinggal colok flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Lalu Klik kanan pada flashdisk di My Computer dan pilih Properties.
  • Setelah itu Pilih ReadyBoost.
  • Pilih Use this device.
  • Atur berapa memori yang ingin sobat alokasikan pada komputer maupun laptop sobat.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

  • Klik OK.

Meski hanya sementara namun dengan cara ini, performa komputer sobat akan meningkat karna flashdisk yang sudah terhubung akan menjadi RAM. Namun perlu diingat kebanyakan orang yang telah melakukan cara ini mengatakan bahwa flashdisk mera tidak bisa menjadi memori penyimpanan lagi setelah melakukan ReadyBoost. Jadi, siapkan flashdisk yang sudah nggak terpakai ya.

Baca Juga  Cara Download Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Gunakan Memory Cleaner Batch File

Memory Cleaner Batch File merupakan sebuah aplikasi yang bisa kalian buat sendiri untuk mengatasi komputer yang lemot. Program ini nantinya akan membersihkan memori komputer sobat kapanpun sobat mau. Tentunya hal ini sangat membantu untuk mengatasi masalah komputer atau laptop yang lemot cara membuatnya ikuti langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi Notepad.
  • Kemudian copy paste kode ini %windir%system32rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks ke dalam Notepad ya.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

  • Lalu, simpan file Notepad dengan nama cleaner.bat dan taruh di bagian desktop.

  • Selamat, satu program pembersih telah berhasil sobat buat. Jalankan program tersebut ketika komputer terasa lemot.

Nah jika sobat ingin lebih praktis lagi, sebenarnya sobat hanya tinggal mendownload Ccleaner untuk Membersihkan Cache dan Junk file yang telah menumpuk, tentunya itu akan membuat komputer dan laptop sobat tidak lemot lagi.

 

Membersihkan Temporary File

Selalu rutin membersihkan temporary files juga bisa membantu mengatasi komputer dan laptop yang lemot, jika sobat tidak tau caranya ikuti langkah di bawah ini.

  • Klik menu Start di pojok kiri bawah dan ketikan %temp%, kemudian tekan Enter.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

  • Setelah masuk ke dalam folder tersebut, sobat akan melihat banyak sekali kumpulan temporary files disanah.

  • Tekan CTRL+A untuk memilih semuanya lalu tekan tombol Delete, nah sekarang temporary files sobat telah bersih.

 

Itulah beberapa tips yang bisa papamia bagikan bagaimana Cara mengatasi komputer lemot, jika sobat ada pertanyaan mengenai artikel ini silakan tulis pada komentar di bawah. Dan jika sobata suka jangan lupa untuk memberikan bintang 5 untuk artikel ini dan share ke teman-teman juga yang belum tahu mengenai info menarik ini.

Terima kasih telah membaca.

Nilai Konten