Cara Memperbaiki Hardisk Gampang Dan Cepat

 

Cara Memperbaiki Hardisk Gampang Dan Cepat

Cara memperbaiki hardisk – Hardisk merupakan komponen komputer yang paling penting selain dari processor dan juga memory RAM. Karena hardisk merupakan tempat sistem itu tersimpan. Oleh karena itu jika hardisk rusak kemungkinan Komputer Tidak Mau Booting dan dan komputer tidak akan bisa menyala.

 

Kerusakan pada harddisk juga itu ada banyak macamnya seperti hardisk bad sector atau hardisk tidak terbaca, merupakan masalah paling sering yang dialami oleh para pengguna komputer. Biasanya semua ini dapat terjadi akibat hal-hal sepele yang sering kita abaikan.

 

Oleh karena itu sebelum sobatmia memperbaiki hardisknya, Menurut Papamia ada baiknya sobat mencari terlebih dahulu Apa penyebab hardisk sobat bisa sampai rusak, setelah itu barulah sobat melakukan perbaikan.

Penyebab Kerusakan Hardisk

Pemakaian hardisk secara berlebihan juga dapat membuat hardisk tersebut over, hardisk yang terlalu over dapat mengakibatkan kinerjanya menurun dan bekerja lambat kemudian lama-kelamaan akan membuat hardisk tersebut menjadi hang.

  • Hardisk yang jarang dibersihkan, maksud disini ialah ah membersihkan hardisk dengan cara menghapus file yang sudah tidak terpakai untuk mencegah hadits kita kelebihan data atau over.
  • Jarang melakukan defragment hardisk, melakukan ini sebenarnya penting beberapa bulan sekali untuk perawatan dan mempertahankan kestabilan sistem pada hardisk.
  • Terlalu seringnya mereset komputer, karena restart komputer secara langsung juga dapat mempengaruhi kinerja hardisk kita.
  • Tegangan listrik yang tidak stabil dan sering naik turun juga dapat mengakibatkan sistem fungsi hardisk mengalami gangguan error disk.

 

hal-hal yang tadi Papamia Sebutkan mungkin terdengar sangat sepele dan sederhana, Namun, Hal inilah yang sering sobat lupakan bukan? Padahal hal tersebut bisa mengakibatkan penurunan kinerja pada hard disk, yang akhirnya membuat hard disk kita rusak.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Pada umumnya kerusakan hardisk itu disebabkan oleh Badsector, oleh karena itu untuk menanganinya sendiri ada beberapa macam cara yang bisa sobatmia lakukan, tergantung mana yang bisa diterapkan.

  • Untuk penanganan awal sobat dapat menggunakan terlebih dahulu perintah format pada harddisk yang mengalami bad sector.
  • Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah gunakan aplikasi bawaan disk manager dari setiap masing-masing pabrik pembuat hardisk tersebut.
  • Dan jika cara tersebut masih belum berhasil juga, sobat bisa menggunakan software bernama HDDREG untuk memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector.
  • Jika masih tetap tidak bisa, maka silahkan sobat mencoba Low Level Format atau Zero File. Memformat hardisk yang akan mengakibatkan file di dalam hardisk hilang sepenuhnya.
  • Cara diatas masih belum bisa juga, sobat dapat memotong sektor hardisk yang rusak dengan cara mempartisi hardisk serta tidak menggunakan bagian hardisk yang rusak.
Baca Juga  Cara Mengganti Password Wifi ZTE

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca.

Jika kerusakan hardisk karena tidak bisa terbaca oleh BIOS, maka untuk memperbaiki nya akan cukup sulit dan memakan banyak waktu. Namun, sobat masih bisa memperbaiki hardisk tersebut dengan beberapa cara yang dapat dilakukan seperti di bawah ini.

  • Langkah pertama sobat bisa cek terlebih dahulu pengaturan pada BIOS, apakah hardisk tersebut disetting off pada bios sehingga mengakibatkan hardisk tidak terbaca. Solusinya sobat hanya perlu merubah settingan dari off menjadi on supaya hardisk bisa terbaca kembali oleh BIOS.
  • Selalu pastikan cek arus listrik yang terhubung pada hardisk karena biasanya hal ini yang yang sering dilupakan dan Terlewatkan oleh para pengguna komputer, pemasangan kabel yang tidak secara benar juga bisa menyebabkan hardisk tidak terbaca oleh BIOS.
  • Cek juga piringan hardisk jika terdapat kesalahan pada piringan nya, piringan hardisk tersebut tidak berputar karena aliran listrik tidak mendukung maka periksa ulang kembali kabel hardisk Apakah dalam keadaan baik dan cobalah untuk menukar kabel powernya dengan yang lain, jika masih tidak bekerja kemungkinan terjadi kesalahan yang serius pada harddisk tersebut.

 

Nah itulah beberapa tips dari papamia cara memperbaiki hardisk yang bisa sobatmia gunakan, semoga tips sederhana ini dapat membantu dan meringankan masalah sobatmia sekalian. Jika sobat suka artikel sepertinya Jangan lupa kasih bintang 5 di bawah dan share ke teman-teman sobat yang belum tahu mengenai info menarik ini. Terima kasih telah membaca

Nilai Konten