Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca –  Meski di zaman sekarang Flashdisk Sudah jarang digunakan, dan orang-orang lebih milih ke cloud storage untuk produktivitas mereka seperti google Drive, Dropbox, maupun onedrive. Namun, masih banyak orang yang menggunakan flash disk sebagai media untuk memindahkan data.

Namun Flashdisk sendiri Memang seringkali bermasalah Seperti contohnya Flashdisk tidak terbaca hal ini kadang bisa merugikan sebagian orang dan sebenarnya bukan hanya itu saja kerusakan yang sering terjadi pada flash disk seperti, tidak bisa diformat, dan ada juga yang mengalami data hilang atau terhapus.

Ngomong-ngomong untuk memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer Papah Mia kali ini akan sedikit memberikan tips bagaimana cara memperbaikinya. jika kalian besaran simak tutorial berikut ini:

 

3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara 1 : Melalui Disk Manager

Metode ini bisa dibilang cara yang cukup mudah. karna sobat cukup menghubungkan Flashdisk ke port USB di komputer atau laptop sobat dan Sobat hanya akan menggunakan Tool bawaan Windows, yaitu Computer Management. Berikut caranya:

  • Pertama Hubungkan Flashdisk ke port USB di komputer atau laptop Sobat.
  • Pilih Start, ketik “Disk Management” tekan tombol Enter pada keyboard (windowns 8,10).
  • Cari Flashdisk yang Sobat maksud lalu lihat kolom status.
  • Jika statusnya Healthy pilih Change Drive Letter and Paths , jika statusnya Unallocated pilih Format.
  • Jika Sobat memilih Format, Maka akan muncul kotak berisi opsi untuk memformat, pilih “FAT32” di bagian sistem file centang “Perform a quick format” Lalu klik OK.

 

Cara 2 : Mengunakan dengan CMD

  • Pertama-tama Tekan tombol Windows + X untuk membuka menu khusus di komputer sobat.
  • Lalu Pilih dan klik Command prompt.Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca
  • Setalah itu sobat akan masauk pada Windows powershell, jika sudah sobat hanya perlu mengetikan perintah seperti dibawah ini:
    diskpart > Tekan Enter
    list disk > Tekan Enter
    select disk X > Tekan Enter (X yang dimaksud adalah huruf yang biasa digunakan di flash disk)
    clean > Tekan Enter
    create partition primary > Tekan Enter
    format fs=fat32 quick > Tekan Enter
    active > Tekan Enter
    assign > Tekan Enter
    exit > Tekan Enter
Baca Juga  Cara Menggunakan VPN di Android Paling Mudah

Jika semua perintah di atas telah di ikuti, silakan sobat periksa Flashdisk sobat apa sudah terbaca atau tidak?

 

Cara 3 : Menggunakan aplikasi

Jika cara nomor 1 dan nomor 2 masih tidak bisa digunakan solusi terakhir dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama HDD Low Level Format. Dengan menggunakan alat ini, kemungkinan Flashdisk yang rusak dan tidak terbaca akan kembali normal.Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Namun perlu sobat ketahui bahwa dengan menggunakan cara ini sebenarnya adalah cara yang paling ekstrem. Jadi, lebih baik melakukan ini jika sobat sudah tidak ada pilihan terakhir untuk memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca.

  • Pertama Hubungkan Flashdisk di komputer atau laptop sobat.
  • Unduh terlebih dahulu Aplikasi “HDD LLF Low Level Format Tool
  • Setelah diunduh, instal di komputer maupun laptop sobat.
  • Kemudian, jalankan software tersebut dengan akses Administrator. Caranya, klik kanan pada icon software, lalu pilih “Run As Administrator”.
  • Di halaman awal software tersebut, pilih USB, lalu klik “Lanjutkan”
  • Tunggu proses perbaikan Flashdisk selesai. Setelah itu, sobat dapat memformat ulang Flashdisk dengan format yang biasa, yaitu klik kanan pada flash drive di Windows Explorer> pilih Format.

 

Akhir Kata

Nah itulah 3 cara ampuh untuk memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca versinya Papa Mia, memang dengan melakukan 3 cara di atas flashdisk kalian bisa terbaca kembali. Namun sayangnya, kalian harus merelakan data kalian untuk hilang selamanya. Tapi jangan dulu khawatir karena kalian bisa membaca tutorial Bagaimana caranya Mengembalikan file yang terhapus.

Seperti biasa, jika kalian ada pertanyaan untuk tutorial ini jangan lupa untuk tulis di kolom komentar di bawah dan jangan lupa kasih bintang 5 untuk artikel ini, Serta share ke teman-teman kalian yang belum tahu mengenai info menarik ini. Selamat mencoba.

Nilai Konten