Cara Memperbaiki File Corrupt Hanya Dengan CMD

Cara Memperbaiki File Corrupt Hanya Dengan CMD

Cara memperbaiki file corrupt – Perangkat komputer memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, sebagai perangkat elektronik komputer juga sangatlah rentan mengalami kerusakan.

 

Mulai dari kinerja komputer yang terasa sangat Lemot serta masalah-masalah yang terjadi di pada saat startup. Hal ini bisa saja disebabkan oleh file system Windows yang rusak, hilang, atau bisa saja berubah otomatis dikarenakan instalasi software tertentu.

 

Memang pada dasarnya masalah file system Windows merupakan masalah yang tidak terlalu berakibat buruk pada komputer, namun tetap saja jika hal ini dibiarkan kemungkinan masalah tersebut akan semakin menjadi besar dan malah bikin ribet lagi nantinya.

 

Oleh sebab itu, di sini Papamia akan sedikit membagikan bagaimana cara melakukan scan dan memperbaiki file sistem Windows yang telah rusak tersebut, Serta Papa juga akan sedikit membagikan bagaimana cara memperbaiki file corrupt di Windows dengan bantuan aplikasi CMD.

 

Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Windows Dengan CMD

Langkah 1 – Jalankan CMD

  • Pertama-tama, Sobatmia buka Command Prompt sebagai Administrator. Dengan cara klik kanan pada logo Start, lalu pilih Command Prompt (Admin).

Cara memperbaiki file corrupt

Langkah 2 – Scan file system

  • Untuk melakukan peng scannan serta langsung melakukan perbaikan pada file system yang rusak, maka sobat dapat melakukannya dengan menuliskan perintah ini sfc /scannow pada CMD sobat

Proses ini akan sedikit memakan waktu yang cukup lama, karena scan ini dilakukan secara menyeluruh.

Cara memperbaiki file corrupt

Langkah 3 – Selesai

  • Selain itu, Sobat juga bisa menggunakan perintah sfc /verifyonly untuk melakukan peng scanan tetapi tanpa melakukan perbaikan apa pun.
  • Adapun, jika sobat hanya ingin melakukan scan pada 1 file system saja, maka sobat bisa gunakan perintah seperti di bawah ini.

Sebagai contoh, jika sobat ingin melakukan scan dan perbaikan pada file system bernama advapi32.dll yang terletak di folder C:\Windows\System32, maka sobat bisa langsung menggunakan perintah:

Baca Juga  3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

sfc /scanfile=C:\Windows\System32\ advapi32.dll

Atau juga bisa dengan perintah seperti ini /verifyonly=C:\Windows\System32\ advapi32.dll, untuk melakukan scan saja tanpa perbaikan apa pun.

 

Selain beberapa perintah yang telah disebutkan seperti di atas, berikut ini juga parameter lain yang bisa sobat gunakan dalam proses scanning, yang diambil langsung dari MSDN Microsoft:

 

  1. /scannow: Guna melakukkan scan pada file-file yang terproteksi secara langsung.
  2. /scanonce: Guna melakukkan scan pada file-file yang terproteksi secara bersamaan.
  3. /scanboot: Guna melakukkan scan pada file-file yang terproteksi setiap kali komputer restart.
  4. /revert: Guna mengembalikan scan ke operasi default.
  5. /purgecache: Guna menghapus cache Windows File Protecion dan melakukkan scan terhadap file system.
  6. /cachesize=x: Guna melakukkan set ukuran file cache untuk Windows Protection File, dalam MB.
  7. /filesonly: Guna melakukkan verifikasi atau repair file saja. Tidak memverifikasi atau repair registry.
  8. /offbootdir: Sobat bisa menggunakan opsi ini jika sobat ingin melakukkan repair atau perbaikan offline dan juga untuk menemukan lokasi file boot.
  9. /offwindir: Sobat bisa menggunakan opsi ini jika sobat ingin melakukan repair atau perbaikan offline dan juga Untuk menentukan lokasi direktori Windows.
  10. /revert: Opsi ini bisa mengembalikan ke pengaturan default.
  11. /?: Untuk menampilkan bantuan di Command Prompt Sobat bisa menggunkan opsi ini.

 

Nah itulah beberapa tips bagaimana Cara memperbaiki file corrupt dengan bantuan CMD yang dapat sobat praktekkan di rumah jika mengalami masalah file corrupt pada komputer.

 

Jika sobat suka artikel seperti ini, jangan lupa share ke teman-teman sobat yang masih gaptek diluar sana dan jika sobat punya cara yang lain sobat bisa tulis komen di bawah. Terima kasih telah membaca

Nilai Konten